Vodafone melakukan panggilan 5G pertama di dunia

Vodafone melakukan panggilan 5G pertama di dunia

Vodafone dan Huawei telah bersama-sama menyelesaikan panggilan pertama di dunia dengan menggunakan standar radio baru 3GPP 5-Stand-Alone (NSA) 3GPP 5G dan sub-6 GHz. Panggilan tersebut, yang menggunakan jaringan uji coba, berlangsung di Spanyol tepat di depan Mobile World Congress yang dimulai pada 26 Februari, demikian laporan Telecomtalks.

Laporan tersebut mengatakan bahwa, organisasi standar 3GPP menyetujui standar global Non-Standalone untuk 5G sebagai bagian dari ‘Rilis 15’ pada bulan Desember 2017. Dalam uji coba ini, sebuah konektivitas dual 4G untuk 5G live call dicapai dengan menggunakan perangkat uji. Sambungan voice over internet protocol (VOIP) dimulai pada 4G dan kemudian membuat koneksi data pada 5G. Para insinyur juga berhasil menguji video call live HD menggunakan rute yang sama.

Menurut laporan tersebut, jaringan uji coba end-to-end 5G NR dibangun untuk melakukan percobaan dan menggunakan spektrum 3.7GHz. Huawei Radio Access Network (RAN) dan peralatan jaringan inti dikerahkan untuk mendukung pengujian dengan arsitektur sentris mikro-layanan, pemisahan bidang pesawat / pengguna pesawat, akses terpadu dan teknologi pengetikan jaringan.

Santiago Tenorio, Kepala Strategi dan Arsitektur Grup Vodafone, mengatakan: “Ini adalah tonggak penting bagi Vodafone menuju pengenalan 5G. Kredit untuk ini harus diberikan kepada insinyur di Huawei dan Vodafone yang telah bekerja tanpa kenal lelah sejak Desember. Tes sukses ini akan memungkinkan kita untuk maju dengan uji coba lebih lanjut dari 5G di seluruh Eropa pada tahun 2018. ”

Yang Chaobin, Presiden dari jajaran produk 5G Huawei, mengatakan: “Huawei berkomitmen penuh untuk pengembangan lebih lanjut dari teknologi jaringan 5G end-to-end ini. Hasil pengujian ini menunjukkan kematangan sistem 5G berdasarkan standar 3GPP. Kami siap melanjutkan kerja sama kami dengan Vodafone dan memasuki uji coba komersial. ”

Dr.Peter Meissner, CEO dan Anggota Dewan, Aliansi NGMN mengatakan: “Panggilan 5G pertama ini telah dicapai hanya dua bulan setelah 3GPP menyelesaikan standar NR Non-Standalone dan jauh lebih cepat daripada kebanyakan di industri ini mengharapkannya. terjadi. Ini mengirimkan sinyal yang sangat menjanjikan ke dunia bahwa industri ini siap untuk mengenalkan layanan 5G untuk pelanggan pada waktunya. ”

Huawei juga menegaskan bahwa pihaknya akan memamerkan produk dan solusinya di ajang MWC 2018 minggu depan. Juga, ada banyak pengumuman terkait 5G yang juga akan hadir di acara tersebut.